Sistem yang Memungkinkan Bisnis Tetap Berjalan Walaupun Tanpa Kehadiran Anda

Sistem yang Memungkinkan Bisnis Tetap Berjalan Walaupun Tanpa Kehadiran Anda

Ya, Anda butuh uang untuk memulai bisnis. Tetapi tentu saja untuk mengarahkannya menuju kesuksesan, Anda tidak dapat mengandalkan uang saja.

Dalam postmortem bisnis yang gagal, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa bisnis yang dikapitalisasi dengan baik kebal terhadap kegagalan atau kerugian kronis.

Pengalaman saya menunjukkan bahwa sebagian besar bisnis, baik bisnis yang dikapitalisasi dengan baik atau tidak, gagal karena tiga alasan utama kegagalan untuk fokus dan tetap fokus pada area utama, kegagalan untuk menghasilkan atau menjual produk yang cukup menguntungkan dan kegagalan untuk menerapkan sistem yang efektif untuk mengelola bisnis. atau proses secara produktif.

Dua yang pertama mudah ditangani dan dapat dengan mudah membalikkan bisnis yang tertekan. Pengusaha hanya perlu kembali ke akal sehat mereka melalui refleksi, membaca atau bantuan konsultan bisnis.

Tetapi yang ketiga sulit untuk diperbaiki karena sistem dalam bisnis seperti fondasi dalam sebuah bangunan. Jika fondasinya lemah, tidak mungkin membuat bangunan itu kuat.

Sistem perlu diletakkan di awal. Pondasi yang lemah sulit untuk diperbaiki setelah konstruksi berlangsung.

Inilah sebabnya mengapa sebelum merambah bisnis atau meluncurkan produk baru, Anda perlu mempersiapkan secara memadai dan menetapkan proses dan sistem yang harus diikuti.

Jika Anda telah meluncurkan bisnis atau produk Anda, maka sebelum terlambat, temukan cara untuk mengintegrasikan proses yang tepat atau Anda akan mendapat masalah saat usaha Anda tumbuh.

Baca Juga:  Mengapa Bisnis Membutuhkan Kompetitor?

Sistem bagi bisnis sama dengan budaya bagi komunitas. Seorang alumni Universitas Harvard pernah mengatakan kepada saya bahwa apa yang membuat Harvard bergengsi secara global pada dasarnya bukanlah apa yang diajarkan di ruang kuliah beberapa universitas lain mungkin mengajarkan konten yang sama, kepada siswa yang serupa.

Apa yang membuat Harvard menonjol adalah apa yang terjadi di luar ruang kuliah lingkungan, budaya, sikap, dan disiplin yang diwariskan institusi kepada setiap orang yang masuk melalui gerbangnya.

Sistem, proses, dan budaya yang Anda bangun dalam bisnis Anda pada tahap awal adalah yang akan membentuk budaya perusahaan Anda dan akan diteruskan oleh karyawan berikutnya. Ini pada akhirnya akan berkontribusi positif pada merek Anda dan membuat Anda unik atau berbeda di pasar.

Beberapa sistem dan proses utama yang tidak dapat dibeli dengan uang dalam bisnis termasuk cara berkomunikasi dan berurusan dengan klien potensial dan yang sudah ada, bekerja sebagai tim menuju tujuan bersama, selalu menghasilkan produk berkualitas untuk memenuhi tuntutan dan harapan pelanggan dan prediktabilitas dalam istilah produk atau jasa.

Sistem yang efektif juga harus memungkinkan pemilik atau manajer senior untuk pergi tanpa harus menghentikan operasi utama.

Anda perlu membangun sistem yang dapat bekerja dengan sedikit atau tanpa pemantauan dan pengawasan yang ketat sehingga jika Anda tidak ada di sana, semuanya berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Keuntungan Seorang Pengusaha Memiliki Mentor Bisnis

Keputusan operasional seperti memproses pesanan, pembelian terbatas, menyiapkan penawaran harga, dan menanggapi pertanyaan pelanggan dapat didelegasikan secara efektif sehingga meskipun pemilik utama manajer sedang pergi, semuanya tidak terhenti.

Jika sebagai pemilik atau manajer bisnis, Anda harus hadir secara fisik agar operasi berjalan optimal, maka Anda tidak memiliki sistem yang efektif dan pertumbuhan Anda terbatas.