Kurangnya Perencanaan Menjadi Rintangan Utama Bagi Kesuksesan Bisnis

Kurangnya Perencanaan Menjadi Rintangan Utama Bagi Kesuksesan Bisnis

Dalam sejarah umat manusia, ribuan perang telah terjadi. Seni berperang telah menarik banyak minat para sejarawan serta pengusaha yang berusaha mengetahui prinsip-prinsip dan strategi utama yang mengarah pada keberhasilan atau kegagalan.

Salah satu pelajaran yang paling mendominasi dalam pertempuran adalah peran perencanaan. Kemenangan tidak jatuh ke tentara dengan jumlah tentara atau sumber daya tertinggi. Pemenangnya selalu tentara dengan rencana atau strategi terbaik.

Dengan kata lain, kemenangan bukanlah produk sumber daya saja. Ini adalah produk dari perencanaan yang bijaksana dan pelaksanaan yang cermat dari rencana tersebut.

Dalam bisnis, seperti halnya dalam peperangan, kesuksesan bergantung pada memiliki dan menerapkan rencana yang baik daripada memiliki banyak uang sebagai modal. Namun banyak orang dalam bisnis memiliki kesalahpahaman bahwa hambatan terbesar mereka untuk sukses adalah uang.

Faktanya, sumber daya keuangan adalah tanggung jawab besar tanpa adanya rencana yang matang. Mereka meningkatkan kerentanan dan mempercepat kekalahan dalam menghadapi pesaing yang kurang diberkahi materi yang memiliki rencana yang baik.

Ada banyak contoh bisnis yang dimulai dengan beban keuangan yang berat hanya untuk runtuh dalam beberapa tahun. Kami juga memiliki kisah inspiratif tentang orang-orang yang memulai bisnis secara harfiah tanpa modal tetapi berbekal rencana praktis, ditulis dan dipoles.

Bisnis semacam itu berkembang dan menjadi studi kasus di sekolah bisnis dan forum wirausaha. Memang, konsultan bisnis, penulis, dan profesional lainnya mungkin berbeda dalam berbagai masalah yang berkaitan dengan praktik bisnis, tetapi mereka semua setuju bahwa perencanaan merupakan unsur yang tak terpisahkan dari kesuksesan dalam bisnis.

Baca Juga:  Inilah Peluang Bisnis di Masa Sulit

Paradoksnya, sebagian besar bisnis beroperasi tanpa rencana substantif. Bahkan sebagian besar dari segelintir orang yang memiliki rencana bisnis tertulis melakukannya untuk pihak ketiga, terutama untuk pendanaan atau untuk mencelakakan pasangan daripada untuk konsumsi mereka sendiri sebagai panduan.

Rencana bisnis hanyalah sebuah jadwal tertulis dari usaha Anda; apa yang ingin Anda capai dan bagaimana Anda akan mencapainya. Itu tidak harus mengikuti pola formal apa pun selama itu membuat proses pencapaian tujuan Anda jelas bagi Anda dan orang lain yang akan membantu Anda mencapainya.

Sebuah rencana bisnis adalah inspirasi besar dan cetak biru untuk apa yang ingin Anda capai. Ini memberi Anda pemahaman yang jelas tentang bagaimana Anda berniat untuk sampai ke sana. Tetapi bagian terpenting dari rencana bisnis bukanlah rencana itu sendiri. Itu adalah proses penulisannya. Ini membantu Anda memikirkan sampai Anda menginternalisasi konsep bisnis Anda. Ini membantu Anda melihat peluang dan perangkap.

Rencana bisnis menyoroti bidang-bidang utama yang mungkin belum Anda pertimbangkan dan membantu Anda menetapkan target dan perkiraan yang realistis tentang berapa biayanya, sehingga Anda dapat mempersiapkannya secara memadai.